Senin, 02 Desember 2013

pembicara

pembicaraKata Jawa / ꦗ ꦮ ( Java ) ditulis dalam aksara Jawa .
Bahasa tersebut digunakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur , serta di pantai utara Jawa Barat . Di Madura , Bali , Lombok , dan wilayah Sunda dari Jawa Barat , juga digunakan sebagai bahasa sastra . Itu bahasa pengadilan di Palembang, Sumatera Selatan , hingga istana dipecat oleh Belanda pada akhir abad ke-18 .
Jawa ditulis dengan aksara Latin , aksara Jawa , dan tulisan Arab . [ 3 ]
Jawa adalah bahasa kesepuluh terbesar ( dalam hal penutur asli ) , dan bahasa terbesar tanpa status resmi . Hal ini diucapkan atau dipahami oleh sekitar 80 juta orang . Setidaknya 45 % dari total penduduk Indonesia adalah keturunan Jawa atau tinggal di daerah di mana Jawa adalah bahasa yang dominan . Lima dari enam presiden Indonesia sejak tahun 1945 telah keturunan Jawa . Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Jawa memiliki dampak yang mendalam pada perkembangan Indonesia , bahasa nasional Indonesia , yang itu sendiri merupakan pengembangan modern dari Melayu .
Ada tiga dialek utama dalam bahasa modern : Jawa Tengah , Jawa Timur , dan Jawa Barat. Ada sebuah kontinum dialek dari Banten di ujung barat Jawa ke Banyuwangi di sudut timur pulau . Semua dialek Jawa lebih atau kurang saling dimengerti .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar