Senin, 02 Desember 2013

bahasa Jawa

bahasa JawaDari Wikipedia , ensiklopedia bebasLangsung ke : navigasi, cariTidak menjadi bingung dengan bahasa Jepang .Jawaꦧ ꦱ ꦗ ꦮ ( Basa Jawa )Berasal dari Jawa ( Indonesia ) , Suriname , Kaledonia BaruEtnis Jawa , Osing , TenggerPenutur asli 82 juta ( 2007) [ 1 ]rumpun bahasaAustronesia

    
Melayu-Polinesia
        
nuklir MP
            
Jawa
bentuk awalJawa Kuno ( Kawi )

    
Jawa
Sistem tulisan alfabet JawaPegon alfabet ( penggunaan agama )Latin (umum )Kode BahasaISO 639-1 jvISO 639-2 javISO 639-3 Semua ini sering :jav - JawaJVN - Karibia Jawajas - New Caledonian Jawaosi - Osingtes - Tenggerkaw - KawiDistribusi - jv.pngHijau tua : daerah di mana Jawa adalah bahasa mayoritas . Lampu hijau : di mana itu adalah bahasa minoritas .Artikel ini berisi IPA simbol fonetik . Tanpa dukungan multibahasa , Anda mungkin melihat tanda tanya , kotak , atau simbol lain bukan karakter Unicode .Artikel ini berisi aksara Jawa . Tanpa dukungan multibahasa , Anda mungkin melihat tanda tanya , kotak , atau simbol lain bukan karakter Jawa .
Jawa / dʒɑ ː ː vəni z / [ 2 ] (bahasa Jawa : ꦧ ꦱ ꦗ ꦮ basa Jawa , Indonesia: bahasa Jawa ) adalah bahasa dari orang Jawa dari bagian tengah dan timur pulau Jawa , di Indonesia . Ada juga kantong-kantong penutur Jawa di pesisir utara Jawa Barat . Ini adalah bahasa asli lebih dari 75.500.000 orang ( lebih dari 30 % dari total populasi di Indonesia ) .
Jawa merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia , itu dinyatakan tidak sangat dekat dengan bahasa lain dan sulit untuk mengklasifikasikan , meskipun tidak terlalu berbeda dari bahasa tetangga seperti Melayu , Sunda , Madura dan Bali . Sebagian besar penutur bahasa Jawa juga berbahasa Indonesia untuk tujuan resmi dan komersial , dan untuk berkomunikasi dengan orang Indonesia non - Jawa .
Ada penutur Jawa di Malaysia ( terkonsentrasi di negara bagian Selangor dan Johor ) dan Singapura . Beberapa orang keturunan Jawa di Suriname ( koloni Belanda dari Suriname sampai tahun 1975 ) berbicara keturunan Kreol bahasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar